Redaksi

Pimpinan Umum : Boy James Wa an Pimpinan Perusahaan : Amas Mulyana Pimpinan Redaksi/ Pelaksana Harian : Piryanto Wakil Pemimpin Redaksi : R. Iwan Yulistiawan Redaktur Pelaksana : Asep Mauludin Staf Inti Redaksi : Iwan Sugiarto, Suharto, Dajani , Piryono, Novan, Ahmad Fikri, Achmad Andri Said, Eko Priyanto, Jadin Bahrudin, Sutedja Manajer Sirkulasi. : - Deni Widakrisnara Manajer Iklan. : - Buncahya Manager Keuangan : - Yono Manager IT : - Bima Biro Bandung. : - A. Aulia Biro Sumedang. : - Ipan Ripan Biro Kuningan : - Aldin Biro Indramayu : - Mansyur Biro Majalengka : Biro Tangerang. : - Hasan Biro Bekasi : - Pirnendi Biro Kab. Cirebon : - Hapid Biro Kota Cirebon : - Gunawan Biro Kab. Kuningan : - Toni Riana Alamat Redaksi. : Perum Lovina Vilage Blok B. 18 Rt 01 Rw 06 Desa Kemlaka Gede ( Dawuan ) Kecamatan Tengah Tani Kab. Cirebon Pajajaran Merdeka Diterbitkan : PT. Pajajaran Merdeka Cakranusantara Berdasarkan Undang Undang Pers 40 Konsultan Hukum. : Diah Anggraeni,SH & Rekan

Kisah

Pages

Parlemen Jawa Barat

Wednesday, October 13, 2021

Riset Kata Kunci Lewat Google Trends Itu Ternyata Mudah


PENERAPAN kata kunci untuk sebuah blog adalah salah satu hal paling penting untuk hidup atau berkembangnya sebuah website atau blog. Keberadaan kata kunci dalam sebuah konten atau artikel sungguh sangat memegang peranan penting karena penerapan kata kunci tepat akan membawa website atau blog kita tak luput dari serbuan viewer. Ada banyak tool untuk riset kata kunci dari yang berbayar hingga yang gratisan salah satunya adalah google trends. Google Trends adalah tool gratisan milik google yang bisa anda gunakan untuk riset kata kunci dan menggunakan tool google trends sangatlah mudah. Berikut adalah cara menggunakan Google Trends untuk riset kata kunci sebelum mulai membuat website. 1. Telusuri Keyword di Google Trends Jika kamu sudah mempunyai topik yang ingin ditelusuri, langsung saja masukkan ke kolom yang sudah tersedia. Kemudian, kamu akan dibawa ke halaman dengan tampilan data mengenai keyword yang kamu gunakan. . Tetapi jika kamu belum punya ide untuk ditelusuri, kamu dapat memilih dari beberapa contoh pencarian terpopuler dari berbagai belahan dunia. Hasil yang ditampilkan dapat diubah dengan mengganti pengaturan negara pencarian di pojok kanan atas. Setelah mengganti pengaturan negara, maka topik-topik pencarian yang sedang marak di negara itu akan ditampilkan di halaman utama Google Trends. Kamu dapat menggunakan data-data ini untuk menelusuri lebih lanjut topik dan keyword apa yang ingin kamu bahas pada konten berikutnya. 2. Analisa Grafik Google Trends Grafik yang ditunjukkan pada halaman Google Trends tidak mencerminkan jumlah pencarian, tetapi indeks ketertarikan publik (interest overtime). Begini cara bacanya angka-angka pada grafiknya: 0: tidak ada data yang dapat ditunjukkan.50: ketertarikan publik hanya separuh dari puncak.100: penelusuran sedang ada dalam puncak popularitas. Singkatnya angka 0-100 mengindikasikan persentase ketertarikan publik pada sebuah topik. 3. Bandingkan Beberapa Keywords Serupa Dalam fitur pencarian kata kunci pada Google Trends, kamu dapat menambahkan beberapa topik lagi sebagai pembanding. Fitur ini memudahkan kamu untuk melakukan komparasi dan memutuskan kata kunci mana yang lebih baik untuk digunakan. Di tutorial ini, kami menggunakan beberapa kategori sepeda sebagai contoh perbandingan keyword. Caranya cukup mudah, cukup tambahkan keyword pembanding kamu pada kolom yang tersedia di atas 4. Terapkan Kategori Penelusuran Keyword Google Trends tidak hanya memberikan insight untuk pencarian mesin pencari saja. Kamu juga dapat menggunakan alat ini untuk mencari ide dan data keyword untuk beberapa kategori lainnya. Kategori yang dicakup antara lain: pencarian web, pencarian gambar, pencarian berita, Google Shopping, dan pencarian YouTube. Jika kamu berniat untuk mentarget satu website berita, toko online, atau kanal YouTube, fitur ini akan sangat berguna. Kamu dapat menemukan fitur ini dengan memilih menu “Web Search” 5. Optimasikan Keyword Berdasarkan Wilayah Jika kamu memiliki bisnis online berupa jual beli produk, mana penargetan regional dapat menjadi salah satu solusi paling efektif untuk meningkatkan penjualan. Gunakan data geografis pencari yang ada di Google Trends untuk memfokuskan promosi konten dan produk kamu ke daerah-daerah tersebut. 6. Analisa Trend Musiman Mungkin kamu sudah sedikit memahami tentang promo musiman yang sering diadakan oleh perusahaan-perusahaan ternama. Beberapa contoh kata kunci musiman di Indonesia adalah kata kunci yang terkait dengan: lebaran, natal, tahun baru, puasa, imlek, dan sebagainya. Kamu dapat gunakan Google Trends untuk mengidentifikasi lonjakan pencarian untuk keyword tersebut  dan meluncurkan strategi konten kamu di waktu yang tepat. Di contoh ini, kami menggunakan pencarian “promo tahun baru”. Google Trends menunjukkan bahwa kata kunci ini mengalami peningkatan pencarian di periode pertengahan Desember hingga awal Januari tiap tahunnya. Gunakanlah informasi ini untuk melunjurkan konten dengan tema serupa dalam periode yang sama. Dengan begitu, kamu dapat memberikan konten yang sedang dicari oleh banyak orang. Buatlah Kalender Konten dari Keyword Musiman Setelah mengidentifikasi kata kunci musiman di langkah sebelumnya, kamu dapat menggunakannya untuk menyusun content calendar. Pastikan kamu sudah memulai publikasi konten 2-1 minggu sebelum tren naik untuk memastikan konten kamu sudah ter-index oleh mesin pencari saat kenaikan popularitas terjadi. 7. Analisa Keyword dengan Tren Menurun Jika kamu melakukan penelusuran keyword di Google Trends, mungkin kamu juga menggunakan beberapa alat lainnya seperti Google Keyword Planner, SEMrush, Ahrefs, dan sebagainya. Google Trends mempunyai keunggulan di mana kamu dapat mengetahui apakah sebuah topik akan meningkat atau menurun popularitasnya dan Google Trends pun adalah alat yang sangat berguna untuk menentukan kata kunci dengan potensi terbesar. Dengan target kata kunci yang tepat, kamu dapat menyiapkan konten dengan jangkauan luas, sehingga website kamu akan mendapatkan lebih banyak pengunjung. Jangan lupa gunakan web hosting terbaik agar website kamu mampu menampung ratusan ribu traffic tambahan dari hasil keyword .( aul)